Pendidikan dan Keilmuan

Bidang Pendidikan dan Keilmuan merupakan wadah pelayanan bagi mahasiswa Teknik Industri dalam akademik dan keilmuan Teknik Industri sehingga terciptanya iklim prestatif serta mahasiswa yang berdaya saing tinggi. Terdapat dua divisi yaitu, Divisi Pendidikan yang memberikan pelayanan yang membantu peningkatan akademik; Divisi Keilmuan yang memberikan pelayanan mengenai ilmu keteknikindustrian.

Program Kerja

INTREST

INTREST (Industrial Training and TOEFL Test) adalah kegiatan pelatihan TOEFL yang sekaligus akan dilanjutkan dengan tes TOEFL dengan target  seluruh Mahasiswa Aktif Universitas Diponegoro. Adanya sertifikat TOEFL merupakan salah satu persyaratan kelulusan bagi mahasiswa-mahasiswi Universitas Diponegoro. Selain itu, adanya trend mempertimbangkan nilai TOEFL dalam perekrutan pegawai baru seolah menjadi pendorong tersendiri bagi mahasiswa untuk lebih memperdalam kemampuan berbahasa Inggris mereka. INTREST bekerja sama dengan SEU Undip dan lembaga Bahasa inggris.

Easy English

Pemberian materi, soal-soal dan kuis disertai dengan pembahasan mengenai TOEFL dengan menggunakan media OA Instagram dan Line HMTI dalam rangka melatih kemampuan Bahasa Inggris dan persiapan TOEFL mahasiswa teknik industri.

Sinau Bareng Yuk Mata Kuliah

Mahasiswa khususnya angkatan 2020 dan 2021 mendatang dapat mengikuti pembelajaran bersama dengan tentor tentor dari angkatan diatasnya, kegiatan belajar mengajar yang dilakukan adalah dengan cara membahas Bank Soal yaitu kumpulan soal-soal dari tahun sebelumnya, lalu dibahas dibagian yang kurang dipahami oleh mahasiswa Peserta SBY. Selain itu terdapat juga SBY yang memakai video berisikan pembahasan materi dan dapat dilihat secara online, dengan tujuan agar mahasiswa yang berhalangan mengikuti pertemuan SBY juga dapat belajar sendiri.

Sinau Bareng Yuk Software

Kegiatan memberikan tutor atau mengajar mahasiswa Teknik Industri terkait software yang digunakan dalam perkuliahan, ditujukan untuk mahasiswa Teknik Industri angkatan 2020 dan 2021 mendatang.

Bank Soal

Bank soal merupakan kegiatan pembukuan soal-soal UTS/UAS tahun sebelumnya beserta jawaban dari soal tersebut, ditujukan untuk mahasiswa Teknik Industri yang mana hasil pembukuan tersebut dapat dipesan dan dibeli serta akan dibagikan dua minggu sebelum UTS dan UAS kepada Mahasiswa Teknik Industri yang membeli bank soal tersebut.

I – Pedia

I-Pedia akan sharing mengenai keilmuan atas isu mengenai Teknik Industri yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk infografis melalui sosial media. Informasi Kerja Praktek menginformasikan mengenai mekanisme, nama-nama perusahaan, dan alumni yang telah melaksanakan kerja praktek di perusahaan yang berkaitan. Informasi Tugas Akhir rmenginformasikan mengenai mekanisme, alur pendaftaran, seminar hingga siding. Serta diberikannya informasi mengenai peta kurikulum dan mata kuliah apa sajakah yang dapat diambil mahasiswa Teknik Industri di semester selanjutnya.

I – Competition

Berfokus pada perlombaan-perlombaan keteknik industrian. Dalam hal ini akan diadakan jarkom lomba, series sosialisasi yang meliputi sosialisasi mawapres dan sosialisasi debat, lingkar mawapres sebagai pendampingan untuk mahasiswa berprestasi, rekapitulasi prestasi dengan database, serta pendampingan bagi mahasiswa yang ingin mengajukan proposal pendanaan lomba.

INDISCO

INDISCO merupakan suatu ajang lomba desain produk tingkat Asia Tenggara yang memerhatikan aspek fungsi, ergonomic, serta estetika. Lomba ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu pendaftaran, pengumpulan proposal desain, seleksi proposal, presentasi, product testing, dan presentasi final. Dihari puncaknya juga akan diselenggarakan seminar nasional dengan tema desain produk