Site Overlay

Pendidikan dan Keilmuan

Bidang Pendidikan dan Keilmuan atau Bidang PEKA merupakan suatu bidang di HMTI yang memiliki fokus dalam mengembangkan sumber daya mahasiswa TI di bidang akademik serta menjadi fasilitator bagi mahasiswa TI dalam pelayanan riset sehingga akan tercipta iklim prestatif serta mahasiswa yang berdaya saing tinggi. Bidang ini terdiri dari 2 divisi, yaitu Divisi Pendidikan dan Divisi Keilmuan.

– Program Kerja Divisi Pendidikan –

Bank Soal

Kegiatan pembukuan soal-soal UTS dan UAS tahun sebelumnya beserta jawaban dari soal tersebut dalam bentuk file PDF di Google Drive yang ditujukan untuk mahasiswa Teknik Industri.

Sinau Bareng Yuk (SBY)

Terdapat tiga jenis SBY yang diadakan, yakni SBY Matkul, SBY Software, dan SBY I-Learning.

SBY Mata Kuliah

Kegiatan pembelajaran bersama dengan tentor-tentor dari angkatan diatasnya, yang dilakukan adalah dengan cara membahas Bank Soal.

SBY Software

Pemberian video tutorial terkait software yang digunakan dalam perkuliahan.

SBY I-Learning

Kegiatan yang berkolaborasi dengan laboratorium di Teknik Industri Universitas
Diponegoro dengan pemberian materi terkait ilmu keteknik-industrian spesifik yang bisa dipakai di dunia kerja.

Easy English

Pemberian kuis disertai dengan pembahasan, serta infografis mengenai TOEFL dan Bahasa Inggris dengan menggunakan media OA Instagram dan Line HMTI.

INTREST

INTREST (Industrial Training and TOEFL Test) adalah kegiatan pelatihan TOEFL yang sekaligus akan dilanjutkan dengan tes TOEFL dengan target  seluruh Mahasiswa Aktif Universitas Diponegoro. Adanya sertifikat TOEFL merupakan salah satu persyaratan kelulusan bagi mahasiswa-mahasiswi Universitas Diponegoro. Selain itu, adanya trend mempertimbangkan nilai TOEFL dalam perekrutan pegawai baru seolah menjadi pendorong tersendiri bagi mahasiswa untuk lebih memperdalam kemampuan berbahasa Inggris mereka. INTREST bekerja sama dengan SEU Undip dan lembaga Bahasa inggris.

– Program Kerja Divisi Keilmuan –

I – Pedia

I-Pedia akan sharing mengenai keilmuan atas isu mengenai Teknik Industri yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk infografis melalui sosial media. Informasi Kerja Praktek menginformasikan mengenai mekanisme, nama-nama perusahaan, dan alumni yang telah melaksanakan kerja praktek di perusahaan yang berkaitan. Informasi Tugas Akhir rmenginformasikan mengenai mekanisme, alur pendaftaran, seminar hingga siding. Serta diberikannya informasi mengenai peta kurikulum dan mata kuliah apa sajakah yang dapat diambil mahasiswa Teknik Industri di semester selanjutnya.

I – Competition

I-Competition adalah program kerja yang berfokus pada perlombaan-perlombaan keteknik industrian. Dalam hal ini akan diadakan jarkom lomba, series sosialisasi yang meliputi sosialisasi mawapres dan sosialisasi debat, lingkar mawapres sebagai pendampingan untuk mahasiswa berprestasi, rekapitulasi prestasi dengan database, serta pendampingan bagi mahasiswa yang ingin mengajukan proposal pendanaan lomba.

INDISCO

INDISCO merupakan suatu ajang lomba desain produk tingkat Asia Tenggara yang memerhatikan aspek fungsi, ergonomic, serta estetika. Lomba ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu pendaftaran, pengumpulan proposal desain, seleksi proposal, presentasi, product testing, dan presentasi final. Dihari puncaknya juga akan diselenggarakan seminar nasional dengan tema desain produk

Copyright © 2024 . All Rights Reserved. | Intuitive by Catch Themes